Apa Fungsi dari HDD Enclosure? Simak Penjelasan Ini

  • Whatsapp
HDD Enclosure

Yang suka benerin komputer/laptop, pasti sudah tahu dong HDD itu apa? Ya, HDD adalah Hard Disk Drive yang merupakan tempat untuk menaruh file sistem dan data. Tetapi kalau HDD Enclosure apakah kamu sudah tahu apa dan fungsinya untuk apa? Jika belum simak penjelasan berikut.

HDD Enclosure adalah perangkat yang digunakan untuk melindungi dan menghubungkan hard disk dengan perangkat komputer. Atau lebih mudahnya bisa disebut sebagai casing hard disk. Tetapi casing ini memiliki konektor yang menghubungkan HDD ke Komputer.

Jadi misalnya kamu punya hard disk, kemudian ingin menghubungkannya ke komputer tanpa harus memasangnya di drive hard disk yang ada, bisa pakai HDD Enclosure ini.

Apakah HDD Enclosure sama dengan HDD Eksternal?

HDD Enclosure
HDD Enclosure

Beda. HDD Enclosure ini adalah perangkatnya (casing) yang nantinya bisa membuat hard disk jadi HDD eksternal. Paham ya?

Jadi kalau hard disk yang kamu miliki ingin dijadikan sebagai hard disk eksternal, maka pakai perangkat HDD Enclosure ini. Begitu.

Sedangkan kalau kamu beli HDD Eksternal, biasanya sudah casing sudah terpasang langsung dan memang sifatnya bukan untuk dilepas pasang. Ya meskipun nantinya hard disk bisa dilepas, tetapi tidak seperti perangkat HDD Enclosure yang digunakan untuk casing yang mudah dilepas dan pasang.

Fungsi HDD Enclosure apa?

Tentu salah satunya seperti yang sudah dijelaskan di atas, yakni untuk menjadikan hard disk bisa diakses secara eksternal (tidak terpasang langsung di mainboard).

Adapun pemanfaatannya bisa bermacam-macam, seperti digunakan untuk memudahkan saat proses cloning OS hard disk, untuk membackup hard disk, dll.

Intinya dengan dengan HDD Enclosure, perangkat hard disk kamu bisa diakses tanpa harus dipasang langsung di mainboard.

Baca juga : Bagaimana Cara Back up Data Komputer atau Laptop?

Apakah bisa OS diinstall di hard disk yang pakai HDD Enclosure?

Kalau proses instalasinya bisa saja. Tetapi jika kamu ingin menjalankan komputer dengan sistem operasi yang terinstall di hard disk yang menggunakan HDD Enclosure maka tidak disarankan. Karena konektivitas HDD Enclosure ke komputer itu menggunakan kabel USB yang memiliki batasan pada kecepatannya. Berbeda jika langsung dipasang di mainboard.

Dan tentunya juga mengurangi tinggal keamanan dan efisiensi sistem saat running.

Jadi kalau mau pakai HDD Enclosure cukup digunakan saat ingin melakukan backup data dan cloning saja.

Seperti itu, semoga informasi ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan langsung tulis di kolom komentar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *