Cara Clone / Migrasi Sistem Operasi Windows dari HDD ke SSD (Tanpa Install Ulang)

Clone HDD ke SSD

Cara Clone / Migrasi Sistem Operasi Windows dari HDD ke SSD (Tanpa Install Ulang) | Sekarang ini eranya SSD, sudah banyak pengguna komputer khususnya laptop yang mulai beralih dari HDD ke SSD. Perangkat HDD nya masih dipasang sih, tapi untuk sistemnya (OS dan Aplikasi) ditaruh di SSD. Sehingga akan membuat kinerja komputer/laptop bisa semakin cepat. Secara SSD ini memiliki baca/tulis yang lebih cepat dibanding HDD.

Nah buat kamu yang ingin beralih atau menambah SSD di perangkat komputer atau laptopnya, pasti akan bertanya-tanya, bagaimana supaya seluruh sistem operasi dan aplikasi bisa dipindahkan ke SSD tanpa harus install ulang? Apakah itu bisa dilakukan?

Tentu bisa. Ada cara untuk clone atau migrasi sistem operasi Windows dari HDD ke SSD. Sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan data aplikasi yang sudah terinstall di Windows.

Cara ini bisa dilakukan dengan bantuan software EaseUS Todo Backup Free.

Software gratis ini sangat powerfull dan bisa membantu kamu untuk clone HDD ke SSD tanpa harus menginstall ulang Windows. Langkahnya pun sangat mudah dilakukan, dan di artikel ini saya ingin berikan panduannya.

EaseUS Todo Backup Free

Langkah Clone Windows dari HDD ke SSD Menggunakan EaseUS Todo Backup Free

Pertama-tama kamu harus download software ini dulu. Silakan unduh di sini : https://www.easeus.com/backup-software/tb-free.html.

Setelah itu tinggal di install seperti menginstall software pada umumnya.

Pasang SSD di perangkat komputer / laptop kamu

Selanjutnya kamu pastikan kalau SSD sudah terpasang. Yang penting SSD dihubungkan ke perangkat komputer dulu agar bisa digunakan untuk mengirim hasil cloning sistem operasinya atau seluruh drive C (System) nanti.

Jadi kamu bisa memasangnya menggunakan dock/enclosure SSD.

Lakukan sekarang dengan buka software EaseUS Todo Backup Free

Kalau sudah terhubung, tinggal buka software ini. Kemudian kamu klik menu atau ikon tulisan Clone.

easeus-todo-backup

Di bagian source disk kamu pilih partisi sistem operasi Windows kamu. Biasanya sih di partisi C, kalau sudah tinggal klik Next.

disk-clone-1

Lalu pilih destination disk, di sini kamu tinggal pilih drive SSD kamu. Karena ini nanti akan di clone di SSD.

Dan jangan lupa untuk membuka Advanced Options kemudian pilih Optimize for SSD. Fungsinya agar hasil cloning Windows nanti bisa optimal di SSD. Secara kan awalnya Windows kamu berjalan di HDD.

disk-clone-2

Kalau sudah tinggal klik Next / Proceed. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Jika sudah selesai, tinggal pasang SSD sebagai master, dan silakan booting lewat SSD, taraaa, kamu sudah bisa membuka sistem operasi Windows kamu di SSD.

Jadi kamu tidak perlu lagi untuk menginstall ulang Windows OS kalau mau pindah dari HDD ke SSD. Cukup pakai software EaseUS Todo Backup Free ini kamu bisa lakukan dengan mudah dan cepat. Bagaimana? Kalau masih ada yang ingin ditanyakan langsung kirim di kolom komentar.

Semoga cara clone sistem operasi Windows dari HDD ke SSD ini bermanfaat untuk kamu.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *