Bagaimana Cara Back up Data Komputer atau Laptop?

  • Whatsapp
Back Data Komputer

Bro sis, melakukan back up data komputer atau laptop yang kita miliki itu sangat penting. Karena kita tidak tahu kapan perangkat komputer kita rusak atau mungkin laptop kita hilang. Dari sekian komponen yang ada di komputer, sebenarnya yang paling mahal harganya itu adalah data yang tersimpan di hard disk.

Boleh lah kamu punya laptop yang harganya puluhan juta, tetapi kalau tiba-tiba rusak kemudian datanya hilang dan tidak bisa diselamatkan, itu sangat menyedihkan. Kalau komponen ada yang rusak mah bisa diganti atau tinggal beli baru lagi. Tapi kalau data yang hilang?

Back Data Komputer

Itulah mengapa data yang ada di komputer atau laptop kita perlu di back up secara rutin.

Lalu bagaimana cara back up data komputer atau laptop kita?

1. Beli Hard Disk Khusus Untuk Back up

Hard disk eksternal

Untuk mencadangkan data yang kamu miliki, pastikan data tersebut disimpan di hard disk yang berbeda bukan di taruh di hard disk yang sama. Itu sama saja bo’ong.

Jadi kamu perlu beli hard disk yang dikhususkan untuk tempat back up. Kamu bisa beli hard disk internal atau eksternal. Intinya jadikan hard disk itu sebagai hard disk portable, dan untuk keperluan tempat menyimpan cadangan data saja.

Cara backup ke hard disk eksternal ya tinggal di copy paste saja data.

2. Back up di Cloud Storage

Cloud Storage

Kamu juga bisa melakukan back up di layanan cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, dan lainnya. Khususnya untuk membackup file-file data yang ukurannya kecil seperti dokumen atau foto-foto kamu.

Melakukan back up di cloud storage ini juga jadi pilihan bagus selain membackupnya di hard disk eksternal. Sehingga kalau saja hard disk eksternal ada masalah, kamu masih punya cadangan datanya di cloud storage.

Untuk melakukan back up ke cloud storage ini kamu perlu koneksi internet yang stabil dan tentunya ada kuota besar. Soalnya kamu nanti akan mengupload banyak data.

3. Back up dengan Bantuan Software Back up

Cara back up data itu simple, cukup copy data yang ingin di backup kemudian paste di hard disk eksternal. Tetapi kalau kamu ingin backup satu partisi atau ingin back up partisi system, supaya nanti kalau sistem operasi ada masalah tinggal restore back upnya, maka kamu perlu bantuan software.

Saya sendiri juga melakukan ini untuk memback up partisi C (System) laptop saya. Jadi kalau nanti ada masalah di sistem operasi dan ternyata tidak bisa diperbaiki atau mengharuskan untuk install ulang, maka saya tinggal restore saja back upnya.

Banyak kok software gratis yang bisa digunakan, seperti EaseUS Todo Backup, AOMEI Partition Backupper, Paragon Backup & Recovery, Handy Backup, dll.

Baca juga : Cara Clone / Migrasi Sistem Operasi Windows dari HDD ke SSD (Tanpa Install Ulang)

Seperti itulah beberapa cara back up data komputer yang bisa dilakukan. Kalau data yang ingin kamu back up hanya data dokumen dan foto-foto, kamu bisa gunakan layanan cloud storage yang bisa digunakan secara gratis. Meskipun terbatas kapasitasnya, tapi kamu bisa daftar lebih dari satu akun.

Baru kalau ada dana bisa beli hard disk eksternal untuk back up offline. Semoga membantu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *