RumahReview.com – Halo rek, piye kabare. Nah, kalau arek-arek lagi liburan atau sekedar singgah di Kota Surabaya, jangan lupa menyempatkan diri membeli oleh-oleh khas Surabaya.

Di Surabaya itu banyak oleh-oleh khas yang nggak ada matinya dan layak untuk dibawa pulang. Temenan iki lho rek…

Di sini tim RumahReview.com ingin memberikan referensi oleh-oleh khas dari Kota Surabaya yang banyak diminati oleh wisatawan. Pastinya arek-arek juga lagi nyari kan oleh-oleh apa yang khas dari Kota dengan simbol Hiu dan Buaya ini?

Langsung saja rek, ini dia beberapa oleh-oleh khas Surabaya yang kami rekomendasikan…

#1 Petis

Petis Udang Ny SIok

Surabaya itu terkenal dengan rujak cingurnya, tahu teknya dan tahu campurnya. Nah, kalau arek-arek pernah makan makanan itu, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Petis.

Petis ini adalah merupakan semacam bumbu atau pelengkap tambahan untuk berbagai masakan khususnya masakan khas Surabaya. Dari rasanya saja sudah mengundang selera makan, perpaduan rasa gurih dan manisnya itu lho.

Yang paling terkenal itu salah satunya Petis Udang Ny. Siok. Ini yang paling banyak dicari sama wisatawan. Dan tak heran kalau di pusat oleh-oleh Surabaya juga banyak ditemukan Petis Udang ini.

#2 Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran

Karena letaknya yang di dekat perairan laut, tak heran kalau Surabaya punya produk olahan ikan yang beraneka ragam, salah satunya adalah Kerupuk Ikan Kenjeran.

Coba saja mampir ke daerah Pantai Kenjeran, pasti akan banyak yang jual kerupuk ikan ini. Biasanya pegadang menyediakan dua pilihan kerupuk, yakni yang siap makan dan yang masih mentah. Jadi buat arek-arek yang dari luar kota, luar provinsi atau bahkan luar pulau, bisa membelinya yang mentah. Beli yang sudah matang juga boleh nanti bisa dinikmati dalam perjalanan pulang.

Sebenarnya kerupuk ikan kenjeran ini tidak hanya dibuat dari bahan ikan saja. Ada juga yang dibuat dari kerang, cumi dan rumput laut. Cirinya ada pada warna kerupuknya. Kalau agak gelap berarti itu dari cumi.

Silahkan menuju ke daerah Jalan Sukolilo dan Pantai Kenjeran, di sana banyak yang jual. Utamakan nego saat beli. 😀

#3 Siropen Telasih

Siropen Telasih

Untuk oleh-oleh khas Surabaya yang berupa minuman bisa membeli Siropen Telasih. Minuman ini sudah ada sebelum Indonesia Merdeka, karena muncul sekitar tahun 1923. Dulunya dikelola oleh perusahaan Belanda. Hingga pada akhirnya perusahaan minuman ini dikelola oleh orang Indonesia.

Minuman kaum bangsawan ini memiliki berbagai varian rasa, ada rasa jeruk, vanili, mawar, dan mawar.

Jangan heran jika minuman ini terkesan minuman mewah, karena sejarah mengatakan bahwa minuman ini adalah minuman kaum bangsawan tempo dulu. Sekarang pun penyajiannya tetap mewah dengan kemasan premium.

#4 Almond Crispy

Almond Crispy

Sebenarnya makanan ini bukan makanan khas yang telah ada sejak lama. Tapi keberadaan Almond Crispy ini mampu menarik banyak wisatawan untuk memilikinya sebagai oleh-oleh Khas Surabaya. Mungkin karena hanya ada di Surabaya saja.

Makanan yang dibuat dari telur, tepung terigu, gula, susu bubuk, keju dan tentunya almond ini ternyata sangat diminati oleh masyarakat. Ada beberapa varian rasa yakni cokelat, original dan green tea. Camilan ini memang layak untuk dijadikan oleh-oleh atau sekedar untuk menemani perjalanan pulang.

#5 Spikoe Resep Kuno

Spikoe-Resep-Kuno

Kue lapis yang satu ini beda sama kue lapis pada umumnya. Seperti namanya, Spikoe Resep Kuno, kue ini memang menggunakan resep kuno sebagai bahan baku olahannya. Inilah yang menjadikan kue lapis ini banyak diburu untuk oleh-oleh. Tekstur kuenya sangat lembut dengan kombinasi tiga lapis warna, kuning cokelat kuning.

Jadi dulu sekitar tahun 1976, kue Spikoe yang dibuat oleh Ny. Santoso sempat diburu banyak orang, tapi sayangnya sekitar tahun 1982 usaha kue ini tutup.

Dan baru tahun 2002, kue ini dilahirkan kembali di tangan Paulus Santoso yakni anak pertama dari keluarga Ny. Santoso. Resep yang digunakan memang turun temurun dari keluarganya.

#6 Sambal Udang Bu Rudy

Sambal Udang Bu Rudy

Buat arek-arek yang suka sambal, wajib beli Sambal Udang Bu Rudy buat oleh-oleh. Sambal ini banyak dibeli karena praktis. Disajikan dalam wadah toples dengan ukuran yang cukup banyak. Tapi yang menjadi daya tarik utama adalah rasanya. Jika sudah merasakan pasti akan berbeda dengan sambal udang pada umumnya. Rasanya itu khas banget.

Baca juga: Oleh-oleh Khas Solo Yang Nggak Boleh Dilupakan

Tidak hanya sambal udang saja, di salah satu tempat yang jual oleh-oleh khas Surabaya ini yakni di Jl. Dharmahusada 140, Surabaya, juga menjual sambal bajak dan sambal bawang. Rasanya pokoknya unik dan beda. Wajib dibeli deh.

#7 Abon Sapi Padmosusastro

Abon-Sapi-Padmosusastro-Surabaya

Beberapa kota juga memiliki makanan khas berupa abon. Tapi di Surabaya ini punya abon sapi yang beda, yang khas Surabaya. Jika arek-arek berada di jalan Padmosusastro silahkan mampir di salah satu kios. Di sini banyak yang menjual abon sapi asli Khas Surabaya. Ada yang rasanya manis, ada pula yang pedas. Tinggal pilih sesuai selera dan harga.

Masih banyak lagi oleh-oleh khas Surabaya lainnya. Kalau menurut arek-arek semua, kira-kira ada apa lagi? Silahkan kirim lewat komentar di bawah ya…