Oleh-oleh Khas Solo Yang Nggak Boleh Dilupakan

322
views

Ketika Anda berwisata ke Kota Solo, jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh khas Solo untuk keluarga tercinta. Sayang kalau sudah jauh-jauh ke Solo tapi nggak bawa oleh-oleh, apalagi di Solo ini banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Dengan membawa oleh-oleh khas Solo, Anda juga memicu orang lain untuk datang ke Solo, merasakan langsung sensasi wisata di kota ini.

Pokoknya kalau ke Solo jangan lupa membeli oleh-oleh berikut ini :

Aneka Keripik

Keripik Ceker Solo

Di Solo sangat terkenal dengan keripiknya, mulai dari keripik paru, keripik usus, keripik ceker ayam, rambak, dan keripik tempe. Keripik-keripik ini dijual dengan harga yang relatif murah dan biasanya jika Anda beli banyak akan mendapatkan diskon dari penjualnya. Keripik ini bisa bertahan lama asal ditempatkan pada wadah tertutup.

Rasanya sangat renyah, cocok untuk camilan bersama keluarga.

Abon

Abon Solo

Di Solo ada abon sapi dan ayam yang cukup terkenal. Namanya Abon Mesran Solo, abon ini bukan terbuat dari oli, bukan, meskipun namanya hampir mirip. Tapi abon ini dibuat dari daging sapi dan ayam yang memiliki cita rasa berbeda dari abon-abon lainnya. Harganya cukup terjangkau, satu bungkus abon sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000 saja.

Monggo, kalau mau beli abon ini bisa cari di toko oleh-oleh khas Solo.

Intip Goreng

Intip Goreng Solo
image via tempo.co

Intip ini makanan yang terbuat dari nasi (kerak nasi). Jadi kalau yang tradisional, ketika menanak nasi pasti akan meninggalkan kerak nasi yang agak gosong itu. Nah, kerak itu nantinya di jemur terus di goreng, tinggal ditambahi bumbu penyedan atau pemanis sudah uenak pol.

Tapi untuk sekarang ini, khususnya yang akan digunakan untuk oleh-oleh, proses pembuatannya lebih modern. Bukan dari hasil menanak nasi, tapi memang dibuat untuk kebutuhan membuat Intip Goreng ini. Nggak heran kalau bentuknya gede-gede dan rapi.

Monggo kalau mau beli Intip ini, pasti ada di setiap sudut pusat oleh-oleh Solo. Enak kok rasanya, ada yang manis, gurih dan original.

Rengginan

Rengginan Solo

Pasti sudah banyak yang tau makanan yang satu ini, tapi mungkin belum semua tahu gimana rasanya. Nah, coba kalau ke Solo cari itu rengginan. Cocok untuk oleh-oleh terus ditaruh di toples Kong Huan. hahaha.

Rengginan ini terbuat dari beras ketan yang ditanak setengah matang lalu dijemur (keringkan) dan digoreng dalam minyak bersuhu tinggi. Rengginan ada yang rasanya manis ada yang gurih. Kalau saya sih suka yang manis. 😀

Roti Kecik

Roti Kecik

Roti yang satu ini bukan sembarang roti. Roti kecil sudah menjadi tradisi di Kota Solo sejak tahun 1881. Jadi, roti kecik itu salah satu roti kesukaan Raja Surakarta, Sinuhun Pakubuwono X.

Kenapa dinamakan Roti Kecik? Karena bentuknya seperti kecik (isi buah sawo).

Sampai saat ini Roti Kecik masih menjadi makanan khas solo. Jika Anda tak membeli ini untuk oleh-oleh, Anda rugi deh.

Baju Batik

Batik Solo

Dari tadi makanan terus, 😀 Kali ini batik harus Anda jadikan satu diantarakan oleh-oleh khas Solo yang wajib dibeli. Soalnya Solo memang identik dengan Batik, kalau nggak beli batik solo buat oleh-oleh rasanya kurang gimana gitu. Tenang, soalnya harga bisa dinegokan. Mau harga yang murah ada, yang mahal jelas ada.

Bisa beli batik di Pasar Klewer atau BTC (Beteng Trade Center). Di sana banyak sekali pilihan batik yang bisa dimiliki.

Sebenarnya masih banyak lagi oleh-oleh khas Solo yang bisa dibawa pulang. Kira-kira menurut Anda ada apa lagi hayo? Silahkan komentar di bawah ya.