Jenis-Jenis Pembalut Wanita, Pembalut Cooling Fresh Perlu Kamu Coba!

Ketika lagi datang bulan, kadang membuat tidak nyaman bagi sebagian kaum hawa. Selain membuat bad mood, tamu bulanan ini juga bisa membuat masalah kesehatan fisik jadi terganggu. Misalnya saja ada yang mengalami kram di area perut, pusing kepala, dan nyeri.

Belum lagi ditambah masalah pembalut yang kurang nyaman dipakai. Bahkan kadang pembalut tidak bisa berfungsi secara maksimal yang akhirnya membuat kebocoran.

Bagi para perempuan, wajib mengetahui jenis pembalut yang sesuai dengan kebutuhannya. Karena pembalut itu harus disesuaikan dengan kebutuhan agar bisa berfungsi secara maksimal.

Jenis-Jenis Pembalut Wanita

Ternyata pembalut wanita itu banyak sekali jenisnya. Yang umum dipakai mungkin pembalut sekali yang semua orang sudah banyak yang tahu. Tetapi sebenarnya pembalut wanita dibagi berdasarkan beberapa kategori lagi.

Pembalut Wanita Berdasarkan Bentuk

Pembalut wanita ternyata memiliki beberapa bentuk yang berbeda, tetapi fungsinya tetap sama. Apa saja itu?

1. Pembalut Sekali Pakai

Pembalut Sekali Pakai

Ini merupakan jenis pembalut yang sudah umum digunakan kaum hawa. Di toko-toko atau warung kelontong juga banyak dijual. Pembalut jenis ini memiliki beberapa varian lagi, mulai dari ukuran panjangnya, ketebalan dan fiturnya.

Cara pakai pembalut ini diletakkan pada celana dalam, bagian sisi luar pembalut ada perekatnya agar tidak mudah bergeser dari celana dalam saat digunakan.

2. Tampon

Tampon pembalut

Pembalut ini mungkin jarang digunakan oleh perempuan di Indonesia. Bentuknya seperti silinder memanjang ada benangnya yang dapat menyerap darah haid.

Cara pakai tampon ini dimasukkan ke lubang Miss V. Nanti untuk melepasnya tinggal ditarik benangnya. Karena sistemnya bersentuhan langsung dengan lubang dalam Miss V, maka kadang akan menimbulkan iritasi jika tidak rutin menggantinya.

3. Menstrual Cup

Menstrual Cup

Menstrual cup ini juga jarang digunakan. Mungkin karena terasa aneh buat perempuan di Indonesia. Memang sedikit menakutkan kalau melihat cara pakainya. Bentuk menstrual cup ini seperti corong atau cup yang nantinya dimasukkan ke dalam Miss V.

Cara pakainya pun si menstrual cup harus dilipat dulu, kemudian dimasukkan secara perlahan.

Mungkin banyak yang membayangkan, apa nanti tidak tumpah darahnya?

Maka dari itu penggunaan menstrual cup ini harus hati-hati. Efektifnya bisa bertahan antara 6-12 jam, tetapi tergantung seberapa deras darah yang keluar juga.

Bahannya dari silikon medis, jadi aman kalau dimasukkan ke dalam Miss V. Owh ya, ini bisa digunakan berkali-kali, setelah dipakai bisa dicuci kemudian digunakan lagi.

4. Pembalut Kain

Pembalut Kain

Saat ini juga banyak pembalut yang berbahan dasar dari kain. Dari segi bentuk, hampir sama dengan pembalut sekali pakai, hanya saja bahannya dari kain. Dibuatnya pembalut kain ini bertujuan agar pembalut bisa digunakan berkali-kali sehingga ramah lingkungan.

Meski sudah mulai familiar, tetapi masih jarang yang mau menggunakan pembalut kain. Karena merasa tidak nyaman ketika harus mencucinya.

Pembalut Wanita Berdasarkan Fungsinya

Kemudian ada pembalut yang disesuaikan dengan fungsinya. Jenis pembalut ini fokus pada pembalut sekali pakai yang umum digunakan.

Jadi pembalut yang ada di toko-toko itu memiliki beberapa jenis juga, berikut ini macamnya :

1. Pembalut Regular

Ini merupakan jenis pembalut sekali pakai yang biasa. Tingkat daya serapnya sedang dan memiliki ukuran yang standar. Biasanya para perempuan menggunakan pembalut ini di pertengahan masa menstruasi. Ketika darah yang keluar tidak terlalu banyak.

2. Pembalut Super

Jenis pembalut ini memiliki tingkat daya serap tinggi. Biasanya digunakan saat hari-hari pertama masa menstruasi ketika darah haid sedang banjir-banjirnya.

3. Pembalut Malam

Pembalut malam ini difungsikan untuk digunakan saat sedang tidur. Karena tidak bisa mengontrol gerakan dan waktu saat tidur, maka pembalut ini dirancang dengan spesifikasi yang lebih tebal dan ukurannya lebih panjang. Agar memberikan kenyamanan saat sedang tidur.

4. Panty Liner

Ini adalah pembalut yang memiliki ukuran yang kecil dan tipis. Panty Liner biasanya digunakan saat akhir-akhir masa menstruasi ketika sudah tidak mengeluarkan darah dan hanya cairan keputih-putihan saja.

5. Pembalut Bersalin

Ketika masa nifas (setelah melahirkan), perempuan membutuhkan pembalut khusus untuk menampung pendarahan pasca melahirkan. Pembalut inilah yang bisa digunakan.

Kemudian ada varian pembalut lain juga, yakni pembalut Wing dan Non Wing. Pembalut Wing (yang ada sayapnya) memiliki fungsi untuk keamanan ketika banyak beraktivitas. Sehingga menghindari kebocoran.

Pembalut Cooling Fresh

Pembalut Cooling Fresh merupakan salah satu varian pembalut wanita dari Charm. Pembalut ini memiliki karakter yang unik. Sesuai dengan namanya, pembalut ini akan membuat sensasi dingin ketika digunakan.

Pembalut Cooling Fresh

Sensasi dingin yang ada ini bukan sekadar buat gimmick, tetapi juga berfungsi untuk menenangkan ketika terjadi rasa nyeri atau kram saat menstruasi.

Selain itu juga menghindarkan daerah Miss V dari kelembaban.

Sensasi dingin ini karena kandungan ekstrak daun mint. Tenang saja, tidak akan membuat iritasi atau gatal. Justru rasa dingin di area Miss V akan membuat nyaman saat digunakan.

Itulah beberapa jenis-jenis pembalut wanita. Kira-kira mana pembalut favorit mu?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *