Rumah idaman bukan sekedar yang memiliki desain mewah, tetapi rumah yang dibangun dengan budget yang sesuai kemampuan serta memiliki desain interior yang membuat nyaman penghuninya. Kami yakin itu menjadi rumah idaman kita semua.

Di era sekarang ini mungkin memang banyak orang yang memilih untuk memiliki hunian yang sudah jadi. Maksudnya membeli rumah yang sudah jadi. Salah satu alasannya adalah agar hemat biaya.

Padahal kalau dihitung-hitung sebenarnya tidak juga. Hunian yang sudah dibuat oleh pengembang dengan yang dibuat oleh kita sendiri sejak awal, dari segi biaya tidak jauh beda. Itu semua tergantung dari bagaimana cara merancang konsep hingga penggunaan materialnya.

Untuk itu, kami sarankan jika Anda ingin memiliki hunian yang sesuai dengan keinginan, sebaiknya pakai jasa pengembang yang benar-benar profesional. Sehingga mereka bisa membuatkan Anda rumah sebagus mungkin sesuai budget yang Anda miliki.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

#1 Jangan ikut-ikutan desain rumah orang lain

Biasanya kalau ingin membuat rumah, pasti banyak mencari referensi. Dan kadang Anda mencari referensi dari rumah orang lain. Secara tidak langsung ini membuat obsesi Anda untuk memiliki rumah yang seperti Anda lihat.

Ini positif, tapi Anda tentu tidak bisa memperkirakan biayanya. Jika hanya bermodal ikut-ikutan desain rumah orang lain, pada akhirnya Anda tidak fokus pada budget yang Anda miliki.

#2 Gunakan jasa pengembang

Ada yang mengatakan kalau pakai jasa pengembang itu mahal biayanya. Ya itu semua tergantung bagaimana Anda memilih jasa pengembangnya. Alasan menggunakan jasa pengembang adalah agar Anda dapat dibantu menggunakan budget yang Anda miliki untuk dijadikan rumah yang sesuai dengan keinginan Anda.

Jasa pengembang yang sudah profesional tentu akan memiliki perhitungan yang matang. Apalagi mereka sudah punya relasi pemasok bahan material, sehingga harga bisa ditekan. Dan enaknya adalah setiap dana yang Anda miliki akan jelas digunakan untuk apa dan itu tentu ada manfaatnya untuk rumah Anda.

#3 Buat Desain Interior Rumah yang sesuai

Nah kadang dalam membangun rumah, dana membludak ketika sudah berurusan dengan interior rumah. Hal-hal kecil soal interior ini kadang membuat dana menjadi bengkak. Mungkin ketika Anda melihat ruangan kosong, Anda ingin beli ini. Lihat lagi kok kayak ada yang kurang, akhirnya beli itu. Lama-lama Anda baru sadar kalau itu menghabiskan budget Anda.

Untuk itu ada baiknya masalah desain interior rumah diserahkan ke pakarnya. Agar budget yang Anda miliki bisa diatur untuk membuat interior rumah yang bagus dan sesuai budget.

#4 Gunakan Perabot yang minimalis

Tidak perlu membeli perabot rumah tangga yang mewah-mewah. Cukup gunakan perabot yang minimalis. Selain bisa membuat kesan rumah menjadi sederhana, juga bisa menghemat biaya.

Misalnya saja menggunakan meja makan minimalis, atau kursi-kursi yang sederhana. Sekarang ini banyak kok dijual perabot rumah tangga yang minimalis dengan harga yang relatif murah.

Jadi jika Anda ingin memiliki hunian yang nyaman dan murah biayanya, sebaiknya jangan lakukan perhitungan sendiri. Gunakan bantuan orang lain untuk membantu mengelola pengeluaran dan kebutuhan yang Anda inginkan. Sehingga setiap rupiah yang Anda keluarkan bisa diterapkan dengan tepat.