Pentingkah Promosi Itu ?

1
views
media promosi

Sebenarnya seberapa pentingkah promosi untuk produk maupun perusahaan itu? Promosi merupakan salah satu bagian dari proses penjualan, namun promosi ini lebih mengedepankan pengenalan produk dan diakhiri dengan sebuah konversi. Ya, meskipun semua promosi tidak selalu diakhiri dengan konversi namun promosi ini mampu meningkatkan penjualan meski dalam waktu yang tidak instans.

Untuk melakukan promosi tidaklah mudah, perlu adanya strategi-stategi agar sebuah promosi dapat diterima oleh masyarakat. Jika promosi hanyalah dilakukan dengan kegiatan penawaran, maka masyarakat akan kurang tertarik bahkan risih karena langsung ditawari sebuah produk maupun jasa. Nah, oleh sebab itu hendaknya promosi juga dilakukan dengan berbagai cara dan kegiatan yang mengedukasi dan mengajak ke hal-hal positif.

Sebelum membahasnya lebih jauh, sebaiknya kita ketahui dulu manfaat yang didapat dari kegiatan promosi ini :

1. Mengetahui Cara Pengenalan Produk Secara Tepat

Apabila Anda memiliki produk baru, maka konsumen perlu tahu, dan promosi adalah jalan tepat untuk melakukan pengenalan itu. Proses pengenalan ini tidak perlu difokuskan pada penjualan, cukup dengan menggelar sebuah event misalnya, yang nantinya diselingi dengan pengenalan produk Anda.

2. Mengetahui Tingkat Kebutuhan Konsumen

Dengan melakukan promosi ini juga dapat mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan produk Anda. Hal ini bisa dilihat dari grafik penjualan yang ada saat promosi. Apakah konsumen membeli produk Anda karena terpaksa atau memang butuh. Jika karena butuh, maka Anda tak perlu banyak melakukan penawaran, konsumen yang akan datang.

3. Mengetahui Harga Yang Sesuai

Promosi juga dapat digunakan untuk mengetahui harga yang sesuai. Dalam kegiatan promosi ini hendaknya selalu menganalisa pergerakan konsumen. Adanya proses tawar menawar dapat mengetahui harga yang pantas untuk konsumen.

4. Mengetahui Tingkat Persaingan Pasar

Dengan promosi selain dapat mengetahui kebutuhan pasar juga dapat mengetahui tingkat persaingan pasar. Sehingga nantinya dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kualitas produk dan strategi marketing

Masih ada banyak lagi manfaat dari promosi selain yang disebutkan di atas. Yang terpenting adalah bagaimana melakukan promosi itu sendiri. Mengingat promosi merupakan langkah untuk mendekatkan produk Anda kepada konsumen, sehingga promosi ini jangan sampai membuat citra buruk bagi produk Anda di mata konsumen.

Oleh karenanya perlu adanya strategi khusus untuk mengemas promosi ini menjadi sebuah program menarik yang tidak terpaku pada hasil penjualan saja, namun lebih mengedepankan edukasi kepada masyarakat dan pengenalan produk secara natural.

Nah, ada beberapa program promosi yang dapat Anda gunakan sebagai cara untuk melakukan promosi, diantaranya adalah :

1. Iklan

Sudah tidak dipungkiri lagi, bahwa iklan ini mampu mengenalkan produk kita hingga ke konsumen yang kita targetkan. Dengan bekerjasama dengan layanan iklan baik offline maupun online, produk kita akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat. Dalam membuat iklan ini, sebaiknya gunakan tagline ajakan yang menarik dan mudah diingat. Tidak perlu panjang, yang penting bagaimana dalam satu kalimat sudah mewakili produk Anda. Anda pun dapat menyewa jasa CopyWriter untuk mengemas bahasa iklan yang baik.

2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Biasanya ini dapat dilakukan dievent-event tertentu dengan membuat sebuah both. Di sini dapat digunakan untuk melakukan penjualan misalnya dengan memberikan Quiz yang berhadiah produk, Voucher, bisa juga dengan memberikan produk secara gratis namun dengan syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh perusahaan. Promosi seperti ini meskipun rentang waktunya terbatas oleh terselenggaranya event, namun sangat ampuh untuk proses penjualan.

3. Penjualan Perorangan (Personal Selling)

Dengan melakukan promosi melalui penjualan perorangan ini maka konsumen akan lebih mendapatkan informasi terkait produk secara mendetail. Proses one by one ini akan lebih mudah memprospek konsumen untuk melakukan transaksi. Namun perlu diingat juga, promosi seperti ini perlu strategi khusus agar konsumen tidak merasa risih dan dapat meresponnya dengan baik.

4. Hubungan Masyarakat (Public Relations)

Apabila brand Anda sudah melekat di mata konsumen, Anda tetap harus melakukan promosi, namun kapasitas dan bentuknya tidak lagi fokus pada penjualan, namun lebih kepada bentuk pengabdian maupun hubungan yang saling menguntungkan. Biasanya melalui CSR (Corporate Social Responsibility), sebuah perusahaan akan melakukan berbagai program-program yang dilakukan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat. Sehingga dalam hal ini masyarakat tidak hanya dijejali dengan produk-produk tetapi juga diberikan fasilitas dan bantuan yang diperlukan untuk masyarakat.
Dalam sebuah promosi ini juga harus memperhatikan media promosi yang digunakan. Salah menggunakan media akan berdampak buruk terhadap image perusahan maupun brand. Misalnya saja ketika melakukan promosi dengan cara Promosi Penjualan (Sales Promotion), nah itu bisa dilakukan dengan memberikan merchandise berupa tas promosi ramah lingkungan, karena selain tas sebagai promosi juga mengedukasi dan mengajak konsumen untuk mulai beralih ke gaya hidup yang ramah lingkungan. Cara ini cukup ampuh dan tentunya hemat, karena tas promosi tidaklah mahal, cukup memesannya ke sebuah pabrik tas maka Anda telah mendapatkan tas promosi ramah lingkungan yang siap digunakan untuk promosi.

Kesimpulannya, promosi sangatlah penting, oleh karena itu promosi haruslah dikonsep dengan matang dan tidak harus berfokus pada tingkat penjualan. Fokuslah pada pengenalan, jika masyarakat sudah kenal maka akan semakin mudah melakukan penjualan. Dan tetaplah menghidupkan masyarakatkan dengan program-program CSR yang saling menguntungkan dan tentunya bermanfaat untuk konsumen.

SHARE