RUMAHREVIEW.com – Bagi anda yang senang berwisata, coba saja untuk mengunjungi salah satu potensi wisata yang ada di kota bojonegoro. Yaitu Bendung Gerak. Bendung Gerak ini terletak di dua desa, yakni desa ngringinrejo kecamatan Kalitidu dan desa padang kecamatan trucuk kabupaten Bojonegoro. Mengapa terletak di dua desa? Karena bendungan gerak ini melintang di atas sungai bengawan solo sehingga menyambungkan dua desa.

Kedua desa tersebut diuntungkan secara moril dan imateriil dengan adanya Jembatan Bendung Gerak yang menghubungkan diantara dua desa tersebut. Karena akses jalan diantara dua kecamatan ini bisa terhubung sehingga memudahkan sarana transportasi masyarakat kecamatan Trucuk dan Kacamatan kalitidu pada khususnya.

bendungan gerak bojonegoro
bendungan gerak bojonegoro

Bendungan gerak ini memiliki multifungsi, Antara lain sebagai pengendali banjir, irigasi, penyedia air baku bagi industri dan rumah tangga juga serta dijadikan sebagai salah satu tempat wisata bagi Kabupaten Bojonegoro. Keberadaan Bendungan Gerak ini fungsinya di samping sebagai penyedia air untuk rumah tangga, pertanian, juga sekaligus menjaga dari kerusakan ekosistem sungai Bengawaan Solo supaya tak meluas ketika banjir menerjang dan sebagai bentuk tata kelola air di Jawa Timur. Manfaat lain bendungan adalah ini untuk persediaan air bagi pertanian di saat musim kemarau, untuk kebutuhan industri, seperti jembatan penghubung antara Desa Padang dengan Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu.

bendung gerak bjn
Bendung gerak sore hari

Selain untuk kebutuhan baku irigasi juga bisa dipakai kebutuhan industri air minum dan industri migas. Serta membuka akses wilayah yang selama ini terisolir sebab ada jembatan sepanjang 504 meter, dan lebar sekitar 4 meter. Bendungan ini berdiri di lahan seluas 1.841.752 meter.

Jika debit air bengawan solo dalam kondisi biasa, maka di sisi dalam bendungan dijadikan tempat banyak orang berjualan dengan mendirikan tenda agar pengunjung dapat menikmati suasana bendung gerak. Namun jika debit air naik maka pengunjung bisa menikmati suasana bendung gerak di tepian atau di semenanjung jembatan bendung gerak yang melintang.

Jika ingin berkunjung kesini lebih baik pada sore hari, karena suasanya akan lebih terasa. Biasanya bendung gerak ini dikunjungi setelah para wisatawan menikmati Wisata Agrobisnis Kebun Belimbing yang memang lokasinya berdekatan. Jadi setelah para wisatawan memetik buah belimbing maka mereka akan menikmati suasana di Bendungan Gerak Bojonegoro.