Malang memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik di mata para turis. Tak hanya wisata hiburan saja yang terkenal, seperti Jatim Park dan Batu Night Spectaculer (BNS). Namun Malang juga mempunyai wisata pantai yang cukup dikenal, yaitu Pantai Balekambang. Pantai Balekambang merupakan sebuah pantai di pesisir selatan yang letaknya berada di wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sejak tahun 1985 hingga sekarang, pantai ini menjadi salah satu wisata andalan di Malang. Untuk menuju lokasi, pengunjung dapat memilih dua jalur. Pertama, dari Malang Kota menuju Kepanjen. Kemudian melewati Pagak, Bantur, hingga Balekambang. Sedangkan jalur kedua, berangkat dari Terminal Arjosari menuju ke Turen. Setelah itu melewati Gondang Legi, Bantur, hingga Balekambang. Jarak tempuh dari Kota Malang ke Pantai Balekambang sekitar 57 km. Anda bisa menggunakan motor atau mobil pribadi. Jika tidak ada kendaraan, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Malang.

Pantai Balekambang memiliki daya tarik utama pada pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan. Deburan gelombangnya memanjang hingga dua kilometer. Hamparan pasir putihnya luas membentang. Pasir putih di tempat ini nampak bersih dan nyaman untuk digunakan bermain maupun berolahraga. Beberapa tim klub sepakbola, yaitu Arema dan Persema, sering melakukan latihan di pantai ini.

Selain sebagai tempat wisata air, Pantai Balekambang juga digunakan sebagai tempat wisata religi. Pada waktu-waktu tertentu, pantai ini dikunjungi oleh banyak peziarah untuk melakukan ritual. Bagi umat Islam, mereka menjalankan ziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil. Syaikh Abdul Jalil merupakan orang pertama yang pernah membabat Pantai Balekambang. Sedangkan umat Hindu melakukan ibadah setahun sekali pada hari raya Nyepi di Pura Amertha Jati. Pura ini terletak di Pulau Ismoyo yang berada tidak jauh dari pantai. Pantai Balekambang memiliki 3 pulau meliputi Pulau Ismoyo, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Anoman.

Beberapa tradisi religi tersebut banyak menarik para wisatawan, termasuk wisatawan asing. Bagi para pengunjung yang ingin menginap, di sekitar Pantai Balekambang juga terdapat penginapan yang dibanderol dengan harga cukup murah per harinya.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi obyek wisata yang satu ini? Tips dari kami adalah pastikan perjalanan wisata Anda nyaman dengan menggunakan mobil pribadi atau bisa juga memakai jasa rental mobil Malang. Karena lokasi untuk menuju ke obyek wisata ini cukup berliku-liku, jangan sampai karena faktor transportasi Anda merasa tidak nyaman menikmati liburan.

Image via http://wisatanesia.co/wp-content/uploads/2014/10/wisata-pantai-balekambang-malang.jpg
SHARE