Tips Membeli Antena TV Digital Terbaik

Sekarang ini antena tv digital mulai banyak dicari karena Pemerintah akan mengalihkan siaran tv analog ke digital. Sehingga masyarakat yang tv nya belum mendukung siaran digital diharuskan untuk menggunakan STB (Set Top Box) atau beralih ke LED TV yang sudah mendukung TV Digital.

Nah agar siaran tv digital bisa diterima dengan lancar, maka perlu juga menggunakan antena tv digital yang memiliki kualitas bagus. Agar siaran digital yang diterima bisa kuat dan lancar tanpa ada gangguan.

Sebenarnya agar bisa mendapatkan siaran tv digital, menggunakan antena UHF biasa saja bisa. Hanya saja kadang kalau kualitasnya kurang bagus, maka akan mempengaruhi kualitas siarannya.

Antena TV Digital

Karena siaran TV digital ini berbeda dengan tv analog. TV Digital itu sudah menggunakan teknologi sistem transmisi digital yang berstandar DVB-T (Digital Video Broadcasting Terestrial).

Buat kamu yang ingin membeli antena tv digital terbaik, sebaiknya harus teliti. Apalagi jika ingin membeli lewat situs jual beli online.

Melalui artikel ini, RumahReview ingin memberikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan.

1. Lokasi Kamu Tinggal

Saat ini kamu tinggal di daerah mana? Poin ini menurut kami sangat penting dan jarang dijadikan patokan saat mau membeli antena tv digital. Perlu kamu tahu, saat ini siaran tv digital belum sepenuhnya diterima oleh seluruh masyarakat. Karena proses migrasi siaran tv analog ke digital pun juga baru akan dilakukan secara bertahap.

Jika kamu berada di daerah yang agak terpencil atau di pedesaan, bisa saja siaran tv digital belum bisa diterima dengan bagus kualitasnya.

Sehingga kalau kondisinya seperti ini, maka yang kamu perlu menggunakan tipe antena tv digital outdoor. Karena nanti antena harus di tempatkan di luar bangunan dan posisinya harus tinggi.

Kalau kamu sudah berada di perkotaan misalnya daerah Jakarta dan sekitarnya, kamu pakai antena indoor tidak masalah. Karena kemungkinan kekuatan sinyal siaran digital di daerah tersebut sudah kuat.

2. Model Antena

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan adalah model antena. Sekarang ini banyak sekali model antena yang bisa dipilih. Misalnya saja antena tv digital indoor, modelnya pun beragam. Ada yang ukurannya besar, bisa didudukan, ada yang ditempel di dinding, dan lainnya.

Terus kalau antena outdoor, ada yang bisa diputar arahnya dengan remote, ada yang ukurannya sederhana, ada yang ukurannya besar, dan lain-lain.

Intinya sesuaikan model antena dengan tempatnya. Agar penempatan antena nantinya tidak terganggu.

3. Lihat Fiturnya

Antena tv digital perlu booster agar bisa menangkap sinyal dengan stabil. Nah, pastikan kalau kamu memang ingin mencari antena yang ada booster-nya, ya pilih yang sudah include dengan booster. Sebenarnya booster antena bisa dibeli secara terpisah. Tapi kalau sudah ada yang include dengan antena itu tentu lebih baik.

Kemudian lihat juga fitur-fitur lain seperti spesifikasi panjang kabel, kualitas kabelnya, indikator sinyal, dan lain-lain.

Semua itu perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Supaya nanti tidak salah membeli.

4. Lihat Rekomendasi

Sebelum membeli, pastikan kamu lihat dulu rekomendasi antena tv digital terbaik. Kamu bisa cek di internet salah satunya dengan melihat rekomendasi di website ceklist.id. Atau bisa juga di website kami rumahreview.com yang juga memberikan review rekomendasi produk-produk konsumer.

Dengan melihat rekomendasi dari internet, kamu bisa mendapatkan insight lebih luas lagi tentang antena tv digital. Apalagi sekarang ini model dan tipe antena digital sangat banyak sekali.

Kami pernah beli antena digital yang cukup banyak ditemukan di marketplace. Tetapi setelah kami coba, ternyata kualitas penangkapan sinyalnya kurang bagus. Akhirnya tidak terpakai.

Inilah pentingnya melihat rekomendasi dari luar. Supaya kita tidak salah beli dan tentunya tidak membuang-buang uang.

Itu saja yang bisa kami informasikan, jika ada pertanyaan seputar antena tv digital silakan tulis di kolom komentar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.