Jangan Lakukan Ini Jika Tak Ingin Sakit Kepala

  • Whatsapp

Salah satu sakit yang umum dialami oleh banyak orang adalah sakit kepala. Kalau orang jawa menyebut sakit ini dengan nama “Mumet”. Bahkan merek menganggap “mumet” atau sakit kepala tidak hanya karena masalah fisik saja, tetapi karena faktor-faktor gaya hidup seperti ketika lagi tidak punya uang atau punya masalah sosial. Akhirnya merasa mumet.

Ketika seseorang mengalami sakit kepala, yang dirasakan tidaklah nyaman. Kepala rasanya nyut-nyutan atau berdenyut dan ini sama sekali bikin tidak bisa beraktivitas. Bahkan ada orang yang intensitas denyutannya kencang sampai kepala rasanya mau lepas.

Sakit kepala ini sebenarnya tidak datang begitu saja, ada beberapa sebab yang memicu munculnya sakit pada kepala ini. Untuk itu sebaiknya Anda perlu mengetahui apa saja penyebab terjadinya sakit kepala. Dan jangan sekali-kali meremehkan sakit kepala.

Karena sakit kepala bisa saja pertanda adanya penyakit yang lebih berbahaya lagi di dalam tubuh Anda.

Untuk itu jangan sampai Anda melakukan hal-hal berikut ini yang nantinya bisa memicu sakit kepala. Berikut beberapa penyebab sakit kepala berdenyut yang sering kita lakukan.

sakit Kepala

1. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol sudah sangat jelas tidak menyehatkan tubuh. Ya meskipun ada yang orang mengklaim minuman alkohol ada manfaatnya juga buat tubuh, tetapi percayalah, risikonya itu jauh lebih besar dibandingkan manfaatnya. Untuk itu sebaiknya dihindari, toh masih ada banyak minuman yang menyehatkan, kenapa juga masih mengkonsumsi alkohol.

Minuman beralkohol dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti gangguan hati, gangguan pencernaan, fungsi otak jadi menurun dan akhirnya muncul sering sakit kepala, risiko terkena penyakit jantung juga tinggi, dll.

2. Mengkonsumi Minuman dengan Kafein yang terlalu berlebihan

Siapa sih yang tidak suka minum kopi dan teh. Rasanya kedua minuman ini adalah minuman wajib yang harus ada setiap harinya. Tetapi berhati-hatinya, meminum minuman dengan kandungan kafein secara berlebihan itu juga tidak bagus.

Minum kopi itu menyehatkan, tetapi kalau sehari minum lebih dari 2 gelas kopi ya tidak baik. Apalagi jika dilakukan setiap hari.

Lhoh kan minum kopi katanya malah bikin sakit kepala hilang?

Iya itu benar. Minum kopi memang dapat mengurangi rasa sakit kepala. Karena kandungan kafein akan membuat pembuluh darah menjadi menyempit. Tapi ini untuk kasus jika terjadi pembuluh darah yang melebar sehingga menyebabkan kerja otak terhambat.

Nah kalau terlalu banyak minum yang mengandung kafein, maka akan menyebabkan pembuluh darah jadi menyempit dan itu justru mempengaruhi sirkulasi darah ke otak karena terlalu sempit. Jadi hati-hati juga kalau minum kafein.

3. Suka Begadang

Hayo siapa yang masih suka begadang? Jika Anda kurang tidur, sudah pasti Anda akan mengalami sakit kepala. Biasanya yang sering dialami adalah sakit migrain, yakni sakit kepala sebelah. Kalau sudah kena migrain, rasanya tidak mau melakukan apapun. Pengennya tidur saja karena rasa sakitnya sangat tidak nyaman.

Begadang juga akan mempengaruhi pola tidur dan gaya hidup. Kalau sudah seperti itu akan berdampak pada penyakit lain. Salah satunya adalah gangguan tidur yang berupa sleep apnea. Ini merupakan gangguan tidur dimana ketika tidur nafas berhenti beberapa saat. Akhirnya asupan oksigen ke otak menjadi terhambat dan membuat sakit kepala.

4. Makan Tidak Teratur

Makan tidak teratur selain akan menyebabkan gangguan lambung (maag), juga bisa memicu sakit kepala. Tetapi sakit kepala karena telat makan biasanya terjadi di bagian kepala belakang bagian bawah. Dimana otot-otot leher belakang sampai pundah jadi kaku. Sehingga tegang di area ini menyebabkan sakit kepala.

Jadi bagaimana? Masih ingin melakukan hal-hal di atas? Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan sehari-hari yang kurang baik dilakukan dan tidak disadari oleh kita semua. Mulai saat ini lebih baik atur gaya hidup yang sehat, dan melakukan dengan secukupnya, jangan berlebihan. Misalnya saja suka olahraga, ya jangan dilakukan dengan berlebihan. Karena yang berlebihan juga tidak baik.

Baca juga : Rekomendasi Alat Pijat Portable Terbaik

Kalau Anda mulai merasa sakit kepala yang menghambat aktivitas, segera redakan dengan obat sakit kepala. Salah satunya adalah Saridon. Saridon adalah obat sakit kepala yang memiliki kandungan Parasetamol, Propifenason, dan Kofein yang dapat meredakan sakit kepala dengan cepat.

Jangan sepelekan sakit kepala!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *