Hemat Manakah Naik Mobil Pribadi Atau Kendaraan Umum?

Kita perlu mencontoh negara-negara maju seperti Singapura, mereka bisa pergi kapan saja hanya dengan menggunakan transportasi publik dengan aman, nyaman dan cepat tanpa harus menunggu lama kena macet di jalan. Hidup mereka memang dimanjakan dengan berbagai fasilitas umum yang memadai yang telah disediakan oleh pemerintahnya.

Tidak heran bagi mereka uang untuk transportasi lebih baik digunakan untuk menggunakan kendaraan umum daripada membawa kendaraan pribadi.

Bacaan Lainnya

Topik berita ekonomi dan bisnis hari ini adalah membahas tentang hemat manakah menggunkan mobil pribadi atau transportasi umum? Mungkin akan sedikit hitung-hitungan agar lebih jelas dan Anda bisa menentuka trnasportasi manakah yang dirasa lebih hemat.

Kita ambil contoh saja di Indonesia, mungkin kita tahu sekali karakter orang-orang di perkotaan, mungkin memiliki mobil 1 saja tidak cukup, apalagi jika ada keluaran mobil terbaru meskipn harganya selangit memaksakan untuk membeli, itu semua kembali kepada diri pribadinya masing-masing. Kalau untuk di perkotaan, memang macet selalu menjadi masalah, coba Anda bayangkan.

Jika ke tempat kerja Anda menggunakan mobil pribadi, biaya yang dikeluarkan seperti bensin, bayar tol, parkir, belum lagi kalau mogok, ganti oli service dan lain-lain kali seminggu, dikali sebulan, berapa biaya yang dikeluarkan untuk sebulah hanya untuk biaya transportas? Sejuta, dua juta bahkan lebih.

Tapi jika Anda menggunakan transportasi umum, kita ambil saja busway. Mungkin kisaran 3 ribu sampai 5 ribu saja Anda sudah bisa sampai ke kantor, anggaran untuk transportasi bisa Anda tabungkan, investasikan atau untuk keperluan lainnya yang dirasa lebih penting. Hanya untuk trnasportasi saja Anda cukup mengeluarkan uang kurang dari 10 ribu untuk pulang pergi, mungkin 20 ribu jika jarak rumah Anda jauh dari kantor. Hitung saja seminggu berapa dan dikali sebulan?

Pasti Anda berpikir lebih hemat menggunakan transportasi umum jika dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi, lebih hemat, aman dan nyaman. Itulah kondisi ekonomi indonesia terkini mengenai murahnya biaya trnasportasi umum jika dibandingkan dengan transportasi pribadi. Semoga bermanfaat!.

Pos terkait