Kamera Asus Zenfone 3 Zoom ZE553KL Didesain Lebih Canggih

7
views
ASUS mengumumkan ponsel pintar terbarunya, yakni Asus Zenfone 3 Zoom ZE553KL.

RUMAHREVIEW.com – Rabu (4/1) di event CES 2017, akhirnya ASUS mengumumkan ponsel pintar terbarunya, yakni Asus Zenfone 3 Zoom ZE553KL. Smartphone keluaran Asus kali ini memang lebih menonjol dari segi kameranya.

Tidak seperti Asus Zenfone sebelumnya, di Zenfone 3 Zoom ini pengguna akan dimanjakan dengan fitur terbarunya yakni penggunaan dual kamera sebagai kamera utamanya. Ya, kamera utamanya terdapat dua lensa kamera yang masing-masing memiliki ukuran 12 MP.

Meski ukurannya hanya 12 MP, tapi kamera Zenfone 3 Zoom ini memiliki sederet keunggulan dibanding Zenfone sebelumnya bahkan ponsel pintar merek lainnya.

Yang menarik menurut Rumah Review adalah penggunan aperture (diagragma) yang sangat besar yakni f/1.7. Padahal smartphone umumnya menggunakan aperture f/2.0.

Dari sini saja sudah bisa dilihat keunggulannya, yakni dengan adanya aperture f/1.7 nantinya kamera Asus Zenfone 3 Zoom ini bakal bisa memotret di kondisi yang low light atau minim cahaya. Ya karena bukaan lensanya sangat lebar, sehingga cahaya yang masuk atau ditanggap sensor bisa lebih banyak. Bisa jadi penggunaan led flash bakal jarang digunakan.

Selain akan lebih baik di kondisi minim cahaya, penggunaan aperture yang besar ini juga akan mampu menghasilkan foto dengan bokeh (background blur) yang semakin cantik. Efek bokehnya bakal dapet kalau pakai aperture besar, karena ruang fokusnya bakal lebih sempit.

Nah, dengan adanya aperture yang cukup besar itu, akan semakin diperkuat dengan adanya sensor Sony IMX362. Sensor kamera dari Sony ini terbilang cukup baik untuk menghasilkan foto-foto yang tajam meskipun dari kamera ponsel.

Sesuai dengan namanya, Zenfone 3 “Zoom”, kamera ponsel ini mampu melakukan pembesaran atau zoom sampai 12 kali. Ini sangat membantu sekali untuk memotret yang subjeknya terletak sangat jauh dari pengguna.

Zenfone 3 Zoom - Zoom

 

Masalah gonjangan saat melakukan pemotretan atau merekam video bisa teratasi dengan adalah teknologi OIS dan EIS. Teknologi ini mampu membuatnya lebih stabil. Bicara soal rekaman, Asus Zenfone 3 Zoom mampu merekam video hingga format 4K UHD resolusi 3840 x 2160 piksel.

Ada yang baru di Asus Zenfone 3 Zoom ini, yakni teknologi ASUS SuperPixel yang sebelumnya tidak ada di zenfone lainnya. Teknologi ini bakal meningkatkan kualitas gambar/foto lebih baik lagi khususnya untuk pemotretan kondisi minim cahaya. Dimana teknologi ini akan menghasilkan foto yang tajam dan mengurangi noise pada hasil foto. Fungsinya sebagai penyeimbang antara ISO dan aperture.

Yang baru lagi adalah fitur Manual Mode. Fitur ini memang sudah ada di Zenfone sebelumnya, tapi pilihan format RAW ini baru ada di Zenfone 3 Zoom. Sehingga pengguna bisa menyimpan hasil foto yang lebih berkualitas dalam format RAW untuk nantinya bisa diolah kembali tanpa mengurangi kualitas foto. Akan tetapi, format RAW ini baru bisa ditemui jika Zenfone 3 Zoom menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Lalu, karena kameranya ada dua, pengguna bisa mengubah focal length ke 25mm atau 59mm. Tentu ini akan menjadi solusi tepat untuk mendapatkan komposisi foto yang ciamik.

Kamera Selfie Juga Mumpuni

Tidak hanya kamera utamanya saja yang istimewa, tapi kamera depan juga dibekali sensor Sony IMX214 dengan ukuran kamera 13 MP. Tapi untuk aperture f/2.0 saja. Ya sudah cukup untuk kebutuhan selfie dan video.

Menarik memang jika melihat ponsel yang satu ini. Sepertinya ini bakal menjadi ponsel dari Asus yang memiliki kamera terbaik. Tapi itu semua juga perlu dibuktikan dan dibandingkan terlebih dahulu. Semoga bisa berkesempatan untuk mencobanya.

Sedangkan untuk spesifikasi lainnya, Asus Zenfone 3 Zoom ini juga punya spek yang mumpuni.

Seperti penggunaan teknologi AMOLED di layar 5.5 incinya. Dan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Untuk platform, menggunakan Android 6.0.1 (Marshmallow) yang berjalan di chipset Qualcomm Snapdragon 625, CPU Octa-core 2.0 GHz, GPU Adreno 506 dan RAM sebesar 4GB.

Untuk memori internalnya adalah tiga pilihan, yakni 32 GB / 64 GB / 128 GB. Semuanya bisa ditambagi microSD hingga 256 GB.